Selamat datang di Klinik Patah Hati Remaja Islami! Di sini kami memberikan layanan bagi anda khususnya para remaja yang tengah dihadapkan dengan berbagai problematika cinta. Bagi semua hati yang tengah berbunga atau layu karena cinta, Klinik Patah Hati insya Allah akan siap membantu. Kami hanya sekedar membantu dan memberi saran. Namun ingat, segalanya adalah kehendak Allah 'Azza Wa Jalla, dan kewajiban kita adalah berikhtiar semaksimal mungkin!

Jumat, 21 Agustus 2009

Tips Untuk Melupakan Seseorang Yang Istimewa

Satu jam saja, ku telah bisa cintai kamu dihatiku..
Namun bagiku, melupakanmu butuh waktuku seumur hidupku..

Seperti itulah gambaran manusia. Ketika memiliki semuanya terlihat mudah, namun ketika hendak meninggalkan, bagaikan ditimpa beban sebesar langit dan bumi. Lihat cerpen Di Balik Lantunan ar-Rahman, Qais begitu sangat terpukul saat merasa kehilangan Nurul dan begitu sulit untuk melupakannya. Perpisahan merupakan suatu hal yang menyakitkan, salah satu cara agar tidak menyakitkan adalah dengan melupakan.

Namun jika perasaan yang telah sedemikian lama terjalin kuat, maka diperlukan cukup keras untuk melupakannya. Namun intinya, semakin kita berusaha untuk melupakannya, maka semakin lemah pula keberhasilan dari usaha kita. Karena dengan kita berusaha keras untuk melupakannya, pikiran kita pasti membayangkan bagaimana cara untuk melupakan dirinya, dan pasti pikiran kita membayangkan si seseorang tersebut. Ibarat jika kita ingin melenyapkan sebuah kertas, pasti pikiran kita akan terpaut dengan kertas.

Memori di otak manusia, bukanlah seperti data di komputer yang bisa dihapus atau diformat ulang. Melupakan seseorang bukan berarti melenyapkan memori tentang si seseorang tersebut. Tapi mungkin melupakan sekedar untuk tidak terus terpaku mengingat-ingatnya hingga tidak mengingat yang lain. Jadi mungkin suatu saat kita masih bisa ingat kenangan dan memori tentang dia, namun tidak terus direview oleh kita. Seperti halnya Rasulullah Saw, walaupun beliau sudah menikahi 'Aisyah dan istri-istrinya yang lain, namun beliau tetap ingat dengan Khadijah, istrinya yang paling ia sayangi. Jadi melupakan bukan berarti membenci, namun mengetengahkan suatu objek, dan menggantinya dengan suatu objek lain dengan prioritas yang sama dengan objek tersebut, agar menciptakan prospek ke depan yang lebih baik.

Dari beberapa orang yang telah berpengalaman, ada beberapa tips untuk melupakan seseorang, diantaranya:

1. Niatkan tujuan dari proyek "melupakan" ini adalah karena Allah. Karena melakukan sesuatu jika bukan niat karena Allah, maka itu adalah kemusyrikan.

2. Mengingat dan merindukan Allah dengan sangat kuat. Sebagaimana disebutkan di dalam kitab Al-Hikam karya Syaikh Ibn 'Atha'illah as-Sakandari, bab 175. "Laa yukhriju syahwata minal qalbi, illa khaufun muz'ijun au syauqun muqliqun." (Tidak ada yang bisa mengusir ajakan syahwat (yang menyesatkan) dari hati, kecuali rasa takut (kepada Allah) yang menggetarkan atau rasa rindu yang menggelisahkan.)

3. Mencari pasangan (jika pasangan yang ditinggalkan) pengganti. Biasanya dengan menumbuhkan benih-benih cinta di hati dapat mengusir keinginan untuk mengingat orang yang ingin dilupakan. Karena bisa jadi cinta yang baru lebih kuat daripada yang dulu.

4. Mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan terisinya waktu oleh segala kesibukan, memperkecil peluang seseorang untuk diam dan melamun.

5. Berkonsentrasi dalam kerja. Ketika bekerja dan melakukan sesuatu, usahakan berkonsentrasi pada pekerjaan yang dilakukan. Agar pikiran tidak melayang kemana-mana.

6. Serahkan semua urusan pada Allah. Takdir-jodoh adalah urusan Allah, kita tidak usah bersedih hati ketika patah hati, atau kehilangan sesuatu. Ikhlaskan semuanya, jika seseorang ditakdirkan jodoh bagi kita, maka itulah jodoh kita. Ingat cerita Di Balik Lantunan ar-Rahman, ketika Qais merasa hatinya telah hancur karena kehilangan wanita yang dipujanya, namun karena keikhlasan hatinya ia mendapatkan sesuatu yang terbaik.

Intinya dari semua tips ini adalah bagaimana cara untuk mengalihkan konsentrasi seseorang dari satu objek, ke objek lain yang mungkin lebih penting. Bagaimana cara untuk mencegah seseorang untuk memikirkan suatu objek tertentu.
Untuk anda yang patah hati, atau ingin melupakan seseorang silahkan dicoba tips ini. Insya Allah, jika Allah menghendaki semuanya akan berjalan dengan lancar. Apabila masih belum berhasil, mungkin usaha dari anda kurang maksimal, atau Allah memang belum menghendaki anda untuk itu.

Wallahu a'lam bishawab.

3 komentar:

  1. .aku ingin melupakan kekasihku sendiri,, karena aku tidak ingin sakit hati terlebih dalam..
    ,memang aku dan dia masii ada hubungan.. tapii aku harus meluoakan dia karena aku tidak ingin kehilangan dia saat aku mencintainya dengan penuh, maka aku ingin melupakannya dari sekarang,, tpi itu sangat berat bagiku,, aku harus bagaimana?

    BalasHapus
  2. Terimaksih atas pencerahannya...semoga Blog ini bisa menjadi oase bagi para sahabat yang sedang membutuhkan...

    Salam Sahabat

    BalasHapus
  3. nice tips.. thanks for share..

    BalasHapus

Silahkan kirimkan suara hati anda

Komentar